Rumung

aerial-view-beach-frost-737552

Berlari lintang-pukang benakku di bawah lengkung senja. Kucoba purna dalam desir gumuk pasir, dalam wangi masam buah buni, dalam kokoh jati. Namun telinga ini dibisiki, kaki ini mengakar di tempatnya berpijak. Hatiku dirumung kalut, dilutu bayangmu.

Benteng ini digempur, agar kau tahu. Gertak, gementam suara mengusik jiwa-jiwa getir yang bertahan di balik gagah bersalin mimpi.

Dirimu merupa senja pertama di musim kemarau, teduh laiknya naung trembesi di kala hujan, sederhana laksana kerling gubuk penceng. Datang dirimu bagai talu genderang pada pakta damaiku, merangsak dirimu masuk bersama bala tentaramu. Lepas sudah pasung jiwa-jiwa getir, terbang mereka menuju kebebasan, dunia batas.

Dalam geming sosokmu kini, nelangsa benakku dibuatnya. Bagai kaki Tiongkok aku kini tekuk, dibebat imajimu. Diammu adalah gemeletar gempa di pagi hari, manifestasi pedih yang memalunku tanpa ampun.

Apa yang menjadi arti dalam helat tubruk dua semesta? Dalam pencarian makna di balik suratan yang merupa peta langit selatan. Apakah ini nyata, apakah ini simulakra? Apa maumu? Mencerabik dalam senyapmu yang mengendap, memantik cekat napasku. Menyentuh dalam senyapmu yang hangat, menjaga pendar warasku.

Pengembaraanmu bukan pengembaraan asmaragama Cebolang, bukan pula pengembaraan loba Bandung Bandawasa.

Pengembaraanmu adalah bisa yang larut di udara, sel kanker di kala remisi, apologia dalam ketidakberdosaan, misoprostol dalam luruh darah janin.

Pengembaraanmu adalah retas sunyi, separuh tapak bersalin rupa, pendar niatku untuk memagut rumpang puisi pada bibir manismu di kala hujan lintang kemukus. Terjagalah.

(Jakarta, 8 Februari 2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s